Presiden Resmikan Renovasi Masjid Istiqlal

Jakarta-MPI, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta Pusat, Kamis (7/1/2021) petang.
Dalam sambutannya, Jokowi mengaku bersyukur renovasi Masjid Istiqlal telah rampung. Kepala Negara menyebut renovasi Masjid Istiqlal baru dilakukan pertama kali sejak 42 tahun lalu dibangun. Adapun renovasi tersebut menelan biaya Rp 511 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)
“Alhamdulillah renovasi masjid Istiqlal ini merupakan renovasi yang pertama sejak 42 tahun yang lalu,” ujar Jokowi dalam sambutannya.
Kepala Negara kagum melihat perubahan Masjid Istiqlal yang berubah total.
Ia pun memuji keindahan renovasi Masjid yang terbesar di Asia Tenggara ini.
“Saya melihat Masjid Istiqlal telah berubah total dan tampak seperti baru lagi, lanskapnya ditata ulang menjadi indah dan semakin kelihatan tertata rapi lantainya juga,” katanya.
“Saya lihat sudah 3 kali lebih berkilau tata cahaya nya juga diganti sangat modern dan indah dan sungai yang membelah Istiqlal juga semakin bersih dan rapi,” Jokowi menambahkan.
Mantan Gubernur Jakarta itu juga mengapresiasi renovasi Masjid Istiqlal yang tidak hanya memaksimalkan fungsi masjid sebagai tempat ibadah, namun tetap mempertahkan cagar budaya Masjid Istiqlal yang telah dibangun pada tahun 1953.
“Dalam proses renovasi ini tidak hanya memaksimalkan fungsi masjid sebagai tempat ibadah, tetapi juga memperhatikan aspek arsitektur, aspek seni, aspek estetika dan yang tidak kalah penting tetap mempertahankan kaidah-kaidah cagar budaya bangunan masjid yang sangat penting,” tutur dia.
Jokowi pun kemudian meresmikan Masjid Istiqlal yang ditandai dengan pemukulan bedug dan penandatangan prasasti.
Dalam peresmian hadir pula Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan renovasi Masjid Istiqlal hari ini,” ujar Jokowi saat membuka peresmian di Masjid Istiqal, Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *