Baru Lulus dan Mau Cari Kerja? Ikuti Tips-Tips Berikut

MediaPATRIOT.co.id – Tidak terasa dalam beberapa bulan ke depan satu lagi angkatan kuliah akan lulus dan para mahasiswa akan memulai perjalanan karir mereka di dunia kerja. Tahun ini juga kemungkinan besar akan menjadi tahun kedua di mana wisuda diadakan secara virtual. Namun, walaupun upacara wisuda diadakan secara virtual, para mahasiswa tentunya tetap semangat untuk mencari kerja.

Di masa pandemi ini, terkadang mendapatkan pekerjaan yang tepat mungkin tidak mudah. Ada saat-saat di mana email yang kamu kirim tidak di respon, atau perusahaan yang kamu minati masih belum membuka lowongan. Mungkin juga, kamu belum terbayang seperti apa pekerjaan yang sedang kamu lamar karena kamu baru pertama kali akan bekerja.

Ingin tahu cara untuk mencari pekerjaan yang tepat? Ikuti tips-tips berikut:

 

Belajar membuat CV yang baik

Saat melamar kerja, salah satu dokumen penting yang dibutuhkan oleh perusahaan adalah Curriculum Vitae (CV). CV adalah dokumen pertama yang akan diterima oleh perusahaan dan berisi semua prestasi yang sudah kamu capai dan juga pengalaman yang sudah kamu jalani seperti organisasi di kampus atau kerja magang. Untuk memberikan kesan pertama yang baik, kamu harus bisa membuat CV yang menarik dan sesuai dengan yang diinginkan perusahaan. Kamu bisa belajar membuat CV bersama orang tua atau mencari tips-tips membuat CV, misalnya seperti yang ada di website JobStreet. Belajar membuat CV yang baik.

Lakukan riset tentang pekerjaan yang kamu minati

Setelah mengumpulkan skripsi dan dinyatakan lulus, biasanya ada beberapa bulan atau minggu sebelum upacara wisuda. Nah, di waktu senggang ini, kamu sebaiknya sudah mulai mencari kerja agar tidak membuang banyak waktu setelah wisuda. Luangkan waktu untuk mencari tahu tentang perusahaan yang menarik untukmu dan apakah ada lowongan yang tepat untuk kamu. Selain itu, kamu juga dapat mencari tahu lebih banyak tentang bidang kerja yang kamu minati dan seperti apa pekerjaan yang nantinya akan kamu lakukan saat diterima.

Datang ke job fair

Kalau kamu belum yakin ingin kerja di perusahaan atau bidang apa, kamu bisa datang ke job fair, sebuah pameran di mana akan ada beragam perusahaan dari banyak industri yang akan berbagi informasi tentang berkarir di setiap perusahaan tersebut. Namun, karena masa pembatasan kegiatan di luar karena pandemi saat ini, mungkin tidak ada job fair yang diadakan secara offline seperti tahun-tahun sebelumnya. Jangan khawatir, karena sekarang sudah ada loh job fair yang bisa kamu datangi dari rumah.

JobStreet, perusahaan penyedia informasi lowongan pekerjaan terkemuka di Asia akan mengadakan Virtual Career Fair (VCF) dari tanggal 16-18 Maret 2021. Di VCF ini, kamu bisa mengikuti berbagai sesi livesteam yang akan dibawakan oleh perwakilan dari perusahaan-perusahaan terkemuka. Kamu juga bisa menyampaikan pertanyaan atau ngobrol langsung dengan perwakilan perusahaan melalui online interview. Kamu tidak perlu bayar apa pun karena VCF tidak dikenakan biaya untuk peserta. Kamu tinggal daftar melalui website JobStreet (https://www.jobstreet.co.id/career-resources/virtual-career -fair-registration/) dan kamu akan mendapatkan notifikasi saat VCF dimulai. Dan tentunya, kamu bisa menghadiri VCF dari rumah. Jadi tunggu apa lagi? Ayo daftar dan temukan pekerjaan impianmu. See you there, virtually!

“Sebagai talent partner, JobStreet mengadakan Virtual Career Fair untuk membantu para pencari kerja, yang baru lulus mau pun yang sudah berpengalaman,  dalam menemukan pekerjaan yang tepat. Kami berharap banyak peserta Virtual Career Fair yang akan mendapatkan kesempatan bekerja di perusahaan-perusahaan terkemuka dan dapat mengembangkan karir mereka di dunia kerja,” Faridah Lim, Country Manager JobStreet Indonesia.

 

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia adalah kombinasi dari dua brand ternama JobStreet.com dan JobsDB.com, job portal terbesar di Asia dan pilihan utama bagi kandidat dan perusahaan. SEEK Asia terdapat di 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari Australian Securities Exchanged-terdaftar sebagai SEEK Limited Company, job portal terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia menarik lebih dari 400 juta kunjungan per tahunnya.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah gabungan berbagai grup perusahaan, yang terdiri dari bisnis rekrutmen online, pendidikan, komersial dan nirlaba. SEEK memiliki eksistensi skala global (termasuk Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen dari PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif pada kehidupan orang banyak dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Australian Securities Exchange, dan menjadi salah satu dari 100 perusahaan terbesar dan masuk dalam daftar 20 Perusahaan Paling Inovatif (Top 20 Most Innovative Companies) menurut Forbes. (red Irwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *