Semakin Indah, Dansektor 1 Citarum Siapkan Situ Cisanti Jadi Wisata Unggulan Jawa Barat.

Kab Bandung, MPI.
Setelah diterapkannya PPKM Darurat oleh Pemerintah, seluruh tempat wisata termasuk Situ Cisanti ditutup sementara, penutupan sementara ini dipergunakan oleh Dansektor 1 Citarum Kolonel Kav Purwadi melakukan penataan kawasan Situ Cisanti di Desa Tarumajaya Kecamatan Kertasari.
Beberapa spot ditambahkan, diantaranya Dermaga LCR, gazebo dari bambu di beberapa titik, pemasangan bangku untuk pengunjung serta pembangunan gapura Situ Cisanti.
Sementara di lokasi mata air Citarum dan Penyiraman, dirinya memasang bronjong sebagai pemisah antara air situ dan mata air, tempat peristirahatan dan mushola untuk tamu yang bermalam serta membangun toilet.

” Sebagai Icon Citarum Harum, kawasan Situ Cisanti banyak didatangi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, tempat ini menjadi titik sentralnya aliran sungai Citarum,” ujar Kolonel Kav Purwadi yang didampingi Kasipenmedlek Kodam III/Siliwangi Mayor Kav Susanto kepada awak media, Sabtu (17/07).
Menurutnya bahwa Hulu Citarum yang luasnya sekitar 5 hektar harus tetap terjaga kelestarian alamnya, jangan sampai dirusak oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
Ditambahkan Dansektor 1 bahwa Kawasan Situ Cisanti sudah menjadi Wanawisata Jawa Barat yang dikenal Dunia,” dari sinilah awal mula Sungai Citarum yang panjangnya 269 Km dibenahi, titik nol Citarum menjadi pusat sebuah peradaban di Jawa Barat,” terangnya.

Sebagai Icon Citarum, Dansektor 1 selain .melakukan penataan juga menanam 400 pohon Tarum,” kami tanam pohon tarum sepanjang bantaran Situ supaya masyarakat bisa mengenal asal usul nama sungai Citarum berasal dari pohon tarum ini, selain itu di tempat pembibitaan kami bibitkan pohon tarum untuk kemudian disebarkan ke setiap sektor,” ucap Kolonel Kav Purwadi yang kini menjabat sebagai Paban Utama di Mabes TNI.
Khusus untuk tugu Nol Kilometer, selain dilakukan perbaikan juga dibuatkan taman, ditambah dengan nama tujuh mata air serta logo kesatuan dari masing masing anggota satgas Citarum.
” Saya berharap, penataan kawasan yang sudah kami lakukan tetap dijaga dengan baik, semoga rencana aksi yang sudah tersusun bisa diteruskan oleh Dansektor baru,” pungkas Kolonel Kav Purwadi.
Rie.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *