oleh

Kisah Heroisme 47 Buruh PT. JAS Site Subaim Perjuangkan Hak

Wasile, mediapatriot.co.id – Kemana lagi nasib mereka, untuk menafkahi istri dan anak-anak. Nasi sudah menjadi bubur, puluhan karyawan telah dipecat oleh PT. Jaga Aman Sarana (JAS) Site Subam yang beroperasi di Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara. Sudah jatuh tertimpah tangga,  dipecat hak-hak juga tak dibayar.

Nasib sial ini yang dirasakan oleh Kadim bersama puluhan rekanya. Mereka diberhentikan sebagai karyawan oleh pihak manajemen PT. JAS sejak tanggal 24 Juli 2021. Segala cara telah ditempuh untuk mendapatkan hak-hak mereka yang tidak dibayar oleh pihak perusahaan. Meminta bantuan ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaketrans) Halmahera Timur, hingga aksi pemboikotan aktifitas perusahaan yang berlangsung, tanggal 1-2 September 2021. Namun juga belum membuahkan hasil.

Baca Juga : Berita Jajaran POLRI Mulai dari POLSEK / POLRES / POLDA

Baca Juga : Program UPPO dari Kementan Menuai Sorotan Aktivis, Lurah Akui Tidak Ada Sosialisasi

Sebelum berangkat mencari keadilan (demo), Kadim menunjukan sikap yang tak seharusnya dilakukan. Kenapa tidak, Kadim berpesan kepada keluarga kecinya agar tidak lagi mencarinya setelah keluar dari rumah. Sebab ia akan berjuang bersama rekan-rekanya hingga pihak perusahaan membayar hak mereka.

“Sebelum berangkat demo saya so suru (meminta) saya pe bini (istri) untuk kawin (menikah) lagi kalau saya so tara pulang empat hari (jika 4 hari saya tidak balik lagi),” ujarnya dengan mata berkaca-kaca saat ditemui wartawan baru-baru ini di lokasi perusahaan.

Kadim keluar rumah menggunakan kaos putih, celana panjang jans lengkap dengan sepatu perusahaan. Tampak  juga mengenakan kopiah (peci) dan sebuah tas belakang yang diduga terisi pakain dan bekal makanan.

Para mantan karyawan PT. JAS yang merupakan sub kontraktor dari PT. Alam Raya Abadi (ARA) ini tampak terlihat emosi, kecewa dan sedih atas tindakan perusahaan yang menurut mereka sangat tidak manusiawi.

“Kami di PHK oleh PT. JAS tanpa menerima upah lembur selama du tahun, sisa upah minimum pekerja (UMP) selama 2 tahun,  BPJS yang tidak disetor selama 1 tahun dan uang kompensasi,”sebut Ruslim, yang juga telah dipecat oleh pihak perusahaan.

Semenjak dipecat, Ruslim mengaku bersama rekan-rekanya mulai berjuang dengan mendatangi Disnaketrans hingga menggelar aksi pemboikotan aktivitas perusahaan hanya untuk mendapatkan keadilan. Sayangnya, jerih payah yang telah ditempuh itu, tidak membuat pihak perusahaan untuk berniat baik.

“Kami 47 orang yang dipecat ini akan terus berjuang dengan berbagai cara agar keadilan di negeri ini (Haltim) bisa tumbuh,” janjinya.

Ruslim juga berharap, dari setiap pemberitaan di media tentang perjuangan mereka untuk mendapatkan keadilan ini bisa dibaca oleh 20 anggota DPRD Haltim maupun pihak lain yang ada di luar wilayah Haltim, untuk ikut membantu mereka demi mendapatkan keadilan.

Sementara itu, Devisi Hukum dan Tindakan LSM Amanat Penderitaan Rakyat (AMPERA) Halmahera Timur, Arjun Onga, menganggap keputusan PT. JAS adalah  tindakan yang tidak lazim terhadap puluhan tenaga buruh yang perna memberikan sumbangsi untuk membangun perusahaan tersebut.

“Kalimat sakral itu begitu menusuk hati dan membakar gelora perjuangan. Betapa lonceng keadilan dan rasa kemanusiaan kita telah mati, anak negeri menjadi korban kebengisan dan keserakahan kaum pemodal,”ungkapnya

Ia juga menguji semua orang yang ada di Halmahera Timur yang masih memiliki jiwa Kehormatan, kemanusian dan Keadilan untuk sama sama membantu para tenaga kerja yang telah berjuang sampai detik ini. (Red)

Indonesian Language Bahasa Indonesia

Pingler.com untuk PING agar website anda cepat di index oleh google KLIK DISINI

Berita ARTIS Hanya di Artis6.COM KLIK DISINI

Sedangkan berita hari ini terlengkap, terkini dan terupdate hanya di MediaPATRIOT.CO.ID/Category/Berita KLIK DISINI

Berita Umum, Berita Artis, Berita Bisnis, Berita Daerah ada di Referensi Link KLIK DISINI


MediaPATRIOT.COM dari Group MPI / MediaPATRIOT.CO.ID

Terima kasih sudah membaca berita atau artikel di atas semoga bisa menjadi ilmu pengetahuan yang bermanfaat dan karena mencari ilmu itu tidak ada batasnya sampai akhir hayat. Informasi berita terkini, terupdate hari ini KLIK DISINI

Bagi yang haus akan ilmu, maka akan selalu mencari informasi lain yang bisa menambah ilmu pengetahuan karena kalau kita lebih duluan baca informasi maka kita akan punya wawasan lebih luas atau selangkah lebih maju dari yang lain. Masih banyak informasi lain yang harus kita ketahui misalnya berita TNI, berita POLRI dan berita lainnya. Untuk berita TNI yang terkini dan terupdate hari ini KLIK DISINI

Kalau berita yang komplit tentang TNI, POLRI, Reginal, Nasional dan Internasional bisa anda baca di Media Online Nasional Terlengkap di Indonesia www.mediapatriot.co.id namun jika hanya ingin mencari berita terkini, terupdate hari ini tentang POLRI KLIK DISINI

Dan bagi pemerintahan biasanya sangat butuh informasi tentang kegiatan Presiden Republik Indonesia yang saat ini dipimpin oleh Joko Widodo karena terkait dengan kebijakan atau lainnya bisa KLIK DISINI

Terima kasih sudah membaca Media Online Nasional Terlengkap di Indonesia MediaPATRIOT.CO.ID semoga bisa terjalin kerjasama baik berupa iklan atau kerjasama yang membangun sinergy maju bersama. (Redaksi) MediaPATRIOT GROUP:

https://www.mediapatriot.co.id


https://www.tv-mpi.com


https://www.mediapatriot.com


https://www.beritatnimpi.com


https://www.beritapolri.com


https://www.beritampi.com


https://www.chatkewa.com


https://www.backlinktermurah.com


https://www.berita2020.com


https://www.mpidomain.com


https://www.jakartampi.com


https://www.jabarmpi.com


https://www.bandungmpi.com


https://www.kotabekasinews.com


https://www.kotabekasimpi.com


https://www.ibekasi.com


https://www.indramayumpi.com


https://www.sumedangmpi.com


https://www.sukabumimpi.com


https://www.sumaterampi.com


https://www.sulawesi-news.com


https://www.sulawesimpi.com


https://www.acehmpi.com