Bersama GIZ Kunjungi PT MCAB, Kemenko Marves Tindaklanjuti Infrastruktur Hijau Di Jabar.

Kab Bandung, MPI.

Setelah melakukan kunjungan ke sektor 6, sektor 23 dan sektor 1 Citarum harum, Asdep SDA Kemenko Marves M Saleh Nugrahadi meninjau Ipal Komunal PT MCAB di jalan Cisirung Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Rabu (27/10) kemarin.

Kedatangan Asdep SDA beserta rombongan disambut langsung Direktur PT MCAB Lucky Tjandradinata, untuk selanjutnya meninjau kondisi Ipal Komunal didampingi tim konsultan MCAB Irsyad Immanudin.

Kedatangan Asdep SDA M Saleh Nugrahadi bersama tim ahli GII yaitu Deutsche Gesellschaft Fur Internazionale Zusammenarbeit (GIZ) untuk melakukan peninjauan lapangan di DAS Citarum.

Disampaikan Asdep SDA, Jawa Barat masuk dalam Provinsi prioritas program infrastruktur hijau yang disebut sebagai Green Infrastruktur Initiative, program tersebut hasil kerjasama Pemerintah Indonesia dengan lembaga di Jerman.

” Citarum menjadi contoh yang vital mewakili Jawa Barat dan Nasional, baru kali ini proyek sungai yang menjadi Perpres,” kata M Saleh Nugrahadi.

Ditambahkan M Saleh Nugrahadi, jika lolos seleksi, Pemerintah Jawa Barat harus melakukan kajian, persiapan kontruksi, kelembagaan, pengelolaan dan pendampingan non fisik.

Sementara itu Irsyad Amminudin yang mendampingi Asdep Kemenko Marves dan Tim GIZ mengatakan,” kedatangan rombongan hari ini khusus untuk melihat sejauh mana kondisi dari Ipal Komunal, tadi Asdep SDA Beserta tim dari GII melihat langsung proses pengolahan limbah”.

” Kami berharap bahwa kerjasama ini benar benar bisa terealisasi untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas air hasil olahan limbah menjadi bersih serta bisa dimanfaatkan kembali oleh industri penghasil limbah B3 menjadi zero waste sesuai dengan Perpres no 15 tahun 2018,” terang Irsyad.

Turut hadir dalam kunjungan yaitu Adi Rahmat Kabid Infrastruktur dan Kewilayahan Bappeda Jabar, Isma Andini Kabid Infrastruktur Pemukiman Disperkim Prov Jabar, Sandi staf Posko utama Citarum, Dansektor 7 Kolonel Inf Jefson.

Rie.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *