MASJID AL-IKHLASH JATIPADANG DAKWAH TATAP MUKA MELALUI ACARA DAMAI INDONESIAKU

MediaPATRIOT – Dalam masa pandemi, syiar dan dakwah Islam banyak dilakukan melalui webinar atau media daring. Oleh karenanya banyak yang rindu untuk mendengarkan berbagai kajian secara langsung. Beberapa masjid maupun komunitas dakwah sudah memulai kajian tatap muka dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat sejalan menurunnya level PPKM di wilayahnya. Salah satunya adalah Masjid Al-Ikhlash Jatipadang (MIJ) yang memulai kajian tatap muka dengan tetap memberlakukan prokes yang ketat bagi jamaahnya.
Pada hari Minggu/Ahad, 7 November 2021, bertempat di Ruang Ibadah Lantai 2 Masjid Al-Ikhlash Jatipadang, diadakan kegiatan tabligh akbar bekerjasama dengan TVOne dalam acara Damai Indonesiaku dengan mengambil tema Al-Fatihah : Gerbang Kesempurnaan Shalat yang disampaikan oleh Ust. Ir. Muhammad Furqan Alfaruqiy didampingi oleh Ust. Jumharuddin, Lc. Sebagai siaran perdana acara tersebut, tentunya membutuhkan persiapan yang matang untuk memenuhi protokol kesehatan yang dipersyaratkan dalam menyelenggarakan acara secara langsung. MIJ berusaha menjadi tuan rumah yang memastikan semua persiapan acara menggunakan prokes yang sesuai. Tiap jamaah harus mengukur suhu tubuh dan menggunakan handsanitizer sebelum masuk ke masjid  serta mengenakan masker selama mengikuti acara. Sterilisasi ruangan dilakukan sebelum penyelenggaraan acara dengan menggandeng komunitas Aksi Tanggap Anak Kolong yang melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh area masjid.

Dengan jumlah jamaah dan undangan yang hadir kurang lebih 250 orang, acara berjalan dengan lancar. Penyelenggaraan berlangsung dengan tertib dan para jamaah mendapatkan manfaat dari kajian yang disampaikan. Salah satu undangan yang hadir, Drh. Djajadi Gunawan, M.PH., selaku Kepala Bidang Masjid dan Dakwah Yayasan Mujahidin Pegawai Pertanian (YMPP), yang menaungi MIJ, menyampaikan apresiasinya. “Saya senang semua persiapan dan penatalaksanaan prokes dilakukan dengan baik. Semoga kinerja ini dapat diikuti oleh masjid lainnya di bawah naungan YMPP”, ujarnya.
Muhammad Furqan Alfaruqiy yang juga merupakan Ketua Umum MIJ, menyambut baik apresiasi yang diberikan oleh para undangan dan jamaah yang hadir. “Hal ini merupakan bagian dari misi MIJ Menyapa bagi masyarakat sekitar masjid maupun jamaah yang memiliki keterikatan terhadap MIJ selama ini. Kami berencana meluaskan upaya MIJ Menyapa ini ke wilayah kelurahan Jatipadang khususnya dan masyarakat umum di luar wilayah Jatipadang melalui digitalisasi masjid nantinya”, jelasnya.
Ketua Bidang Dakwah MIJ yang sekaligus Wakil Ketua Panitia Tabligh Akbar, Eddy Nurtadi, M.Th., menyampaikan bahwa acara ini bagian dari dakwah yang selama ini dilakukan secara daring dalam masa pandemi. “Kami bersyukur dapat mulai menyelenggarakan kegiatan dakwah secara langsung, selain sholat jumat. Kedepannya, kami akan melaksanakan dakwah silaturahmi ke berbagai masjid maupun mushola di kelurahan Jatipadang untuk mendukung program MIJ Menyapa seperti yang disampaikan oleh Ketua Umum MIJ”, sambungnya.

Masjid Al-Ikhlash Jatipadang yang merupakan masjid pertama yang meraih sertifikasi ISO 9001:2015 dalam kategori manajemen masjid, saat ini sedang mempersiapkan digitalisasi masjid untuk memberikan manfaat yang lebih luas bagi para jamaah. Semoga ke depannya berbagai program yang diselenggarakan oleh MIJ dapat diterima oleh masyarakat secara luas. (red Irwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *