Cegah Dini Penyebaran Aids, Karang Taruna Kota Bekasi Gelar Cek Kesehatan dan Tes HIV

Kota Bekasi, MPI
Dalam rangka memperingatibHari Aids Se-Dunia tahun ini, jajaran oengurus Karang Taruna Kota Bekasi menggelar kegiatan baksti sosial berupa pengecekan kesehatan dan tes HIV, Rabu (1/12) pagi. Kegiatan ini diikuti sekitar 100 peserta dari kalangan keluarga besar Karang Taruna dan warga sekitar.

Bakti sosial yang dilaksanakan di Kantor Sekretariat Karang Taruna Kota Bekasi, Komplek Ruko Grand Galaxy City RRG 6 Nomor 2 Bekasi Selatan, ini juga melibatkan kalangan tenaga kesehatan dari Puskesmas yang ada di wilayah Kecamatan Bekasi Selatan. Para peserta yang datang diberikan edukasi tentang pola hidup sehat untuk cegah Aids, sebelum akhirnya dilakukan pengecekan kesehatan dan HIV.
Peserta tidak perlu menunggu berhari-hari untuk mendapatkan hasil kondisi kesehatannya. Hanya dalam hitungan menit hasil pengecekan sudah bisa diterima peserta, termasuk hasil pengecekan deteksi HIV.

Menurut penjelasan Ketua Karang Taruna Kota Bekasi H Darkam Suryadi, kegiatan ini merupakan program pertama yang dilaksanakan pasca-kepengurusan baru Karang Taruna yang dipimpinnya. “Selaras dengan peringatan Hari Aids Se-Dunia, kami sengaja mengadakan pengecekan kesehatan dan HIV, untuk mendukung program pihak Dinas Kesehatan dalam mengantisipasi penyebaran penyakit Aids di Kota Bekasi,” ungkapnya.
Darkam menyebut sasaran kegiatan ini adalah untuk memastikan kondisi keluarga besar Karang Taruna tetap sehat dalam menjalankan tugas dan fungsinya di lingkungan masyarakat. “Keluarga besar Karang Taruna mayoritasnya adalah kalangan relawan yang selalu hadir mengabdi dan mengurusi masyarakat yang sedang sakit, kami berharap para relawan ini tidak tertular oleh beragam penyakit saat membantu masyarakat, jangan sampai tertular penyakit Aids terutama,” tegasnya.

“Karena jika ada warga Karang Taruna yang sakit dan tidak terdeteksi, maka akan menularkan penyakitnya ke orang lain. Katena itu kami berharap dengan kegiatan ini, warga Katang Taruna akan termktivasi untuk selalu menerapkan pola hidup sehat,” papar Darkam.
Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia Pelaksana Anton Sutandar menyatakan pihajnya menargetkan 100 peserta yang menjalani pengecekan kesehatan dan tes HIV ini. “Dimulai dengan pengecekan kesehatan meliputi cek gula darah, kolesterol, lalu dilanjutkan dengan tes HIV,” ulas Anton yang merupakan Ketua Bidang ODGJ, HIV dan Penyalahgunaan Narkoba di Karang Taruna Kota Bekasi.
Tak lupa, Anton menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak, termasuk warga Karang Taruna yang ikut mensukseskan kegiatan ini. “Suksesnya kegiatan ini bukti kekompakan Karang Taruna demi eksistensi organisasi untuk terus mengabdi dan melayani masyarakat,” pungkasnya. (Mul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *