Dinas Kebudayaan Kota Palembang Mempromosikan Ragam Kain Tenun Songket Di Kongres ke V JKPI

Bogor, 3 Desember 2021. Kota Bogor menyambut para tamu delegasi untuk acara Kongres Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) dan penganugrahan JKPI Award 2021 yang digelar 3 Desember 2021 di Hotel Puri Begawan. Acara tersebut dihadiri para peserta anggota JKPI dari Kota/Kabupaten di Indonesia.
Dinas Kebudayan Kota Palembang menggandeng Pesona Bari Songket Palembang mempromosikan ragam kain tenun songket Palembang yang dikemas dalam Fashion Show pada acara Kongres ke V Jaringan Kota Pusaka Indonesia(JKPI).
Agus Rizal selaku Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang menjelaskan bahwa kota Palembang dipercaya oleh JKPI untuk memperagakan pesona songket, dan kita lihat bahwa variasi dan bahan2nya yang ditampilkan ciri khas Palembang ujar Agus.
Agus mengatakan,  ada salah satu songket yang diperagakan  dan usianya lebih kurang 250 tahun, ini adalah warisan yang perlu dilestarikan karena Palembang terkenal dengan songket2nya. Mudah2an untuk kedepannya songket2 ini bisa mendunia ujarnya.

Ismail dari Kabid Sejarah dan Tradisi Dinas Kebudayaan Kota Palembang juga menjelaskan bahwa untuk  event Palembang di Bogor ini kita menampilkan fashion show songket Palembang begitu juga nanti di Palembang kita akan menjadi tuan rumah untuk pelaksanaan rakernas JKPI di  tahun 2021,  kita akan menampilkan songket2 dan tenun ikat dari Pelembang .
Dengan adanya JKPI ini bisa mengangkat UMKM juga, dan bisa diperkenalkan dan bisa menjadi daya tarik kota lain dan dan untuk masyarakat  dari kota lain untuk menggunakan songket Palembang ini kata Ismail. (red Irwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *