Tasyakuran Kantor Sekretariat, Karang Taruna Kota Bekasi Santuni Anak Yatim dan Gelar Doa Bersama

Kota Bekasi, MPI
Kini pengurus Karang Taruna Kota Bekasi memiliki kantor sekretariat baru yang berlokasi di Grand Galaxy City RRG 6 Nomor 2 Kecamatan Bekasi Selatan. Penggunaan ‘rumah bersama’ untuk keluarga besar Karang Taruna ini secara resmi ditandai dengan kegiatan tasyakuran yang digelar Sabtu (18/12) malam.
Kegiatan tasyakuran juga dirangkai dengan pemberian santunan untuk 20 anak yatim sebagai wujud syukur pengurus Karang Taruna Kota Bekasi. Selain itu juga dilaksanakan doa bersama yang bertajuk ‘Doa untuk Negeri’ dan diakhiri dengan pengajian rutin bulanan yang diikuti seluruh keluarga besar Karang Taruna.

Semarak kegiatan ini dihadiri anggota DPRD Kota Bekasi dari Fraksi Golkar Yogi Kurniawan yang juga merupakan Majelis Pertimbangan Karang Taruna (MPKT) Karang Taruna Kota Bekasi. Selain itu terlihat hadir perwakilan pengurus pusat Karang Taruna Nasional, Effendy Hasibuan yang juga MPKT Karang Taruna Kota Bekasi.
Usai kegiatan, Ketua Karang Taruna Kota Bekasi H Darkam Suryadi merasa bersyukur karena warga Karang Taruna sudah memiliki tempat berkumpul, bermusyawarah sekaligus tempat untuk menyusun program kegiatan organisasi yang aktif dalam bidang sosial kepemudaan ini. “Sebagai wujud syukur, makanya kami ajak puluhan anak yatim agar hadir di acara ini untuk berbagi kebahagiaan,” katanya.

Darkam sengaja merangkai tasyakuran ini dengan doa bersama dan pengajian rutin bulanan. “Covid-19 masih ada dan sangat memberikan dampak negati, begitu juga belakangan ini saudara-saudara kita banyak yang terkena cobaan dan bencana, seperti bencana erupsi Gunung Semeru dan banjir, disini kita duduk bersama dan doa bersama agar Covid-19 segera pergi dan bangsa kita terhindar dari segala jenis musibah atau bencana,” tegasnya.
Menghadapi tahun 2022, Darkam menyebut Karang Taruna Kota Bekasi sudah menyusun dan menyiapkan berbagai agenda kerja yang berkaitan dengan pemberdayaan pemuda. “Kami akan mengawali dengan program Nyaba Kawan dan Karang Taruna Go to School yang insya Allah akan kami giatkan pada Januari 2022,” ulasnya.

Melalui program Nyaba Kawan, kata Darkam, pihaknya akan menyambangi para pengurus Unit Karang Taruna yang ada di tingkat RW. “Kami akan roadshow ke seluruh RW yang ada secara bergilir sambil mensosialisasikan AD/ART Karang Taruna sekaligus bersilaturahmi, dan akan kami mulai di wilayah Kecamatan Bekasi Barat,” paparnya.
Selain itu, Darkam mengatakan jajarannya akan melakukan evaluasi di akhir tahun 2021 terkait program kerja. “Kami akan evaluasi, program apa saja yang sudah terlaksana, dan program apa saja yang belum terlaksana, sekaligus membahas apa kendalanya dan bagaimana solusinya,” imbuhnya.
Darkam lalu mengharapkan semangat kebersamaan seluruh warga Karang Taruna untuk ijut berkontribusi positir di lingkungan masyarakat. “Makin kompak, makin solid, terus berkarya nyata, untuk memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat,” katanya.
Dalam kesempatan yang sama, salah seoramg MPKT Karang Taruna Kota Bekasi Effendy Hasibuan menilai positif eksistensi yang sudah dilakukan organisasi keoemudaan ini. “Apa yamg sudah dilakukan harus dipertahankan bahkan kalau perlu ditingkatkan,” tegasnya.
Hasibuan lalu menyampaikan haraoannya terkait keberadaan Karang Taruna yang mandiri. “Ke depan harus bisa mandiri, tidak lagi mengandalkan proposal bantuan saat ingin menggelar kegiatan,” pesannya.
Hasibuan lalu menyampaikan gagasan bagi seluruh keluarga besar Karang Taruna untuk aktif dalam mengembangkan UMKM. “Gali peluang usaha, misalnya mengembangkan UMKM, sehingga Karang Taruna akan memiliki income sendiri atau uang kas untuk kebutuhan program kerja yang akan dilaksanakan,” pungkasnya.  (Mul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *