Piala Kalpataru Di Arak Keliling Kampung Desa Pusar Dan Disambut Dengan Festival Kesenian

OKU SUMSEL, MEDIAPATRIOT.CO.ID || Pemerintah desa Pusar Kecamatan Baturaja Barat Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) mengelar Festival Kesenian dalam rangka menyambut Piala Kalpataru Tingkat Provinsi Sumatera Selatan tahun 2021, Selasa (16/11/2021).
Didalam kegiatan festival kesenian tersebut, menyajikan Menampilkan Kesenian Hadra dan Burdah yang dibawakan oleh Ibu – ibu PKK dan Ibu – Ibu Tunas Muda desa pusar Al Maghfiro dan Hasil kerajinan tangan hasil karya warga masyarakat desa pusar.
Sebelum kegiatan dimulai, pemerintah desa bersama Perangkat Desa, BPD dan pengurus Pokdarwis serta Karang taruna diiringi Group Terbangan Tunas Muda Al Maghfiro dengan kawalan keamanan dari pihak Polsek Baturaja barat melakukan Arak keliling kampung Piagam Penghargaan Dan Piala Kalpataru dengan mengunakan Kendaraan baik Roda 4 maupun Roda 2.
Kegiatan festival ini dihadiri oleh Plh Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., berserta rombongan Forkopimda OKU, Kehadiran Plh Bupati OKU berserta rombongan disambut langsung oleh Kepala desa pusar Zainuddin berserta staf dan ketua BPD Pusar Garsubi berserta pengurus lainnya serta ketua Pokdarwis desa pusar dan Group terbangan Tunas Muda Al – Maghfiro Desa pusar.
Didalam sambutannya, kepala desa Pusar menyampaikan, Festival kesenian yang di selenggarakan Hari ini Adalah Salah Satu Bentuk Mewujudkan rasa sukacita kita dalam menyambut Piagam Penghargaan dan Piala Kalpataru Tingkat Provinsi Sumsel tahun 2021 dalam Kategori Penyelamat Lingkungan yang kita terima Pada tgl 6 November 2021 yang lalu diserahkan oleh Gubernur Sumsel H. Herman Deru di Palembang Sumsel.
Pemdes Pusar melalui kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) bukit Katung desa pusar telah dianugerahi Piagam Penghargaan Dan Piala Kalpataru.”Ujar Zainuddin.
Atas telah diraihnya penghargaan dan piala kalpataru ini, Kades Zainuddin menyampaikan terima kasih dan Apresiasi yang setinggi-tingginya Kepada Pokdarwis desa pusar dan karang taruna purnama desa pusar serta segenap lapisan masyarakat desa pusar yang telah memberikan dukungan sehingga perjuangan kelompok Sadar Wisata Pokdarwis bukit Katung desa pusar dan Karang Taruna Desa pusar dalam menjaga kelestarian lingkungan di desa kita.
Juga Pemkab OKU khususnya kepada pihak dinas lingkungan hidup kabupaten OKU, tentu saja dukungan dari bapak Plh Bupati OKU dan jajaran sangat berpengaruh, terutama dalam hal pembinaan langsung serta penganggaran pembangunan di desa pusar melalui APBD Kabupaten OKU, Provinsi bahkan APBN.
Pada kesempatan ini pula kades Zainuddin menyampaikan laporan kepada Plh Bupati serta kepala dinas Pariwisata OKU, bahwa desa pusar saat ini masih berproses menjadi satu-satunya utusan kabupaten OKU dalam mengikuti Lomba desa Wisata Tingkat Provinsi.
Untuk itu Kami masyarakat desa pusar tentu sangat berharap bimbingan, Arahan dan Bantuan Pemerintah Kabupaten OKU dalam membangun Sumberdaya Manusia dan Fasilitas Wisata sehingga dapat menjadi pemenang pada tahun ini dan pada tahun Selanjutnya, dapat menjadi kebanggaan kabupaten OKU dalam berkompetisi dilomba desa wisata tingkat Nasional.”tutup Kades Pusar Zainuddin.
Dikesempatan ini, Plh Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., menyampaikan, keberhasilan meraih Piala Kalpataru tingkat Propinsi Sumatera Selatan oleh Pemerintah Desa dan masyarakat Desa Pusar merupakan bentuk penghargaan dari Pemerintah Propinsi Sumsel atas kepedulian masyarakatnya dalam menjaga kelestarian alam di sekitar.
Keberhasilan ini sudah pasti merupakan hasil kerja keras dan buah karya dari kebersamaan masyarakat Desa Pusar, serta bukti nyata dari komitmen sebagian warga desa yang didukung penuh oleh Pemerintahan Desa Pusar untuk menjaga lingkungan alam dan menciptakan suasana alam melalui kreativitas membangun wisata alam di lingkungan desa tanpa merusak lingkungan yang ada.
Dikatakan Edward Candra, Piala Kalpataru ini sesungguhnya bukanlah tujuan utama dan akhir dari langkah kita Pemerintah bersama semua masyarakat OKU untuk menjadikan hutan dan taman wisata bukit katung menjadi obyek wisata di Desa Pusar agar lebih bersih dan lebih tertata.
“Mari jadikan keberhasilan meraih Piala Kalpataru ini sebagai titik awal untuk membenahi tata kelola kawasan hutan taman wisata bukit katung beserta seluruh obyek wisata yang ada dalam wilayah Kabupaten OKU supaya menjadi lebih baik lagi.”Tutup Plh Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H.
Acara dilanjutkan dengan Penyerahan Piala Kalpataru oleh Plh Bupati OKU kepada Kepala Desa Pusar dan sekaligus Penyerahan Piala Adiwiyata Kepada Kepala Sekolah SMPN 32 Baturaja OKU.
Dan diteruskan mengunjungi melihat hasil kerajinan tangan yang dibuat sendiri oleh warga masyarakat desa pusar. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *