KPU Kabupaten Sukabumi Perkenalkan Sistem Informasi Rekapitulasi

SUKABUMI,MPI -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi melaksanakan Rapat Koordinasi Pengenalan Pemungutan dan Penghitungan Suara di Masa Pandemi COVID-19 serta Sistem Informasi Rekapitulasi (SIREKAP) pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi tahun 2020, di Hotel Augusta Cikukulu, Rabu (28/10/2020).

Acara dipimpin oleh Ketua KPU, turut hadir jajaran Anggota KPU, Plt. Sekretaris KPU, Bawaslu, unsur TNI Polri, SKPD terkait, LO Pasangan Calon, Ormas, Okp dan Organisasi Mahasiswa, dengan narasumber Komisioner KPU Provinsi Jawa Barat Divisi Teknis Penyelenggaraan H. Endun Abdul Haq.

Ketua KPU Kab. Sukabumi Ferry Gustaman dalam sambutannya menyampaikan Pada Pemilihan Tahun 2020, KPU berencana menetapkan penghitungan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara secara resmi dengan menggunakan aplikasi Sistem Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara (SIREKAP). Penerapan SIREKAP ini dimaksudkan untuk meminimalisir kesalahan penghitungan dan rekapitulasi, melakukan efisiensi serta transparansi penghitungan dan rekapitulasi hasil Pemilihan.

“kegiatan sosialisasi ini merupakan bentuk tanggungjawab untuk mentransparasikan setiap aspek kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan dalam tahapan penyelenggaran Pilkada 2020”. jelasnya.

Sedangkan Komisioner KPU Provinsi Jawa Barat Divisi Teknis Penyelenggaraan H. Endun Abdul Haq menjelaskan SIREKAP merupakan aplikasi sistem informasi baru yang akan diterapkan pertama kali dalam demokrasi elektoral, ada beberapa hal yang ditekankan yaitu pengenalan kepada para pemangku kepentingan di daerah bahwa dalam Pilkada 2020 akan digunakan aplikasi SIREKAP.

“agar para pemangku kepentingan di daerah mengetahui, mengenal dan mengerti kebijakan baru terkait penggunaan SIREKAP”. terangnya.

H. Endun Abdul Haq menambahkan ada beberapa hal yang perlu di support oleh para pemangku kepentingan di daerah diantaranya keberadaan SDM (KPPS) yang akan menggunakan aplikasi SIREKAP tentunya KPU akan latih dan Bimtek para KPPS nantinya.

“ketersediaan infrastruktur jaringan juga menjadi hal yang sangat penting dalam penggunaan aplikasi SIREKAP dalam Pilkada 2020” pungkasnya.

Reporter : Sopandi
Editor : Hamdanil Asykar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *