PLH Bupati Banggai Ikuti Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Secara Virtual (Berita MPI)

BANGGAI, MPI_Pelaksana Harian (PLH) Bupati Banggai, Ir. Abdullah Ali, M.Si. mengikuti upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 92 tahun 2020 secara virtual di rumah jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Banggai, Kelurahan Soho, Kecamatan Luwuk, Rabu (28/10).

Upacara peringatan yang disiarkan di salah satu stasiun televisi milik pemerintah ini dan diikuti oleh Kementerian dan Lembaga, unsur TNI-Polri, dan para kepala daerah secara daring, dipimpin langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Mengusung tema Bersatu dan Bangkit, pada kesempatan ini, Presiden Joko Widodo juga meresmikan Stasiun TVRI Papua Barat.

Dalam pidatonya, Presiden Joko Widodo meminta masyarakat menjadikan hari Sumpah Pemuda sebagai momen bersama untuk bersatu menghadapi pandemi Covid-19.

“Hari ini, ikrar para pemuda di tahun 1928 itu masih bergema. Semangat, tekad, dan cita-cita pemuda Indonesia tetap menyala-nyala, bersatu melewati masa-masa sulit pandemi ini, bangkit dan menjadikan Indonesia sebagai negara yang maju,” ucap jokowi.

Lebih lanjut dikatakan bersatu dan bekerjasama adalah kunci untuk mencapai indonesia maju. Untuk itu, upaya menjaga persatuan harus terus dilakukan.

Presiden menuturkan menjadi Indonesia tidak cukup hanya menjadi bagian dari wilayah Indonesia. Kita harus bekerja sama untuk merawat ke-Indonesia-an, dan ke-Indonesia-an harus terus dijaga dengan semangat solidaritas dan rasa persaudaraan.

“Kita harus saling membantu satu sama lain dalam semangat solidaritas. Tidak ada Jawa, tidak ada Sumatera, tidak ada Sulawesi, tidak ada Papua, yang ada saudara sebangsa setanah air, persatuan harus terus kita perjuangkan dengan mengharai perbedaan, menjaga toleransi serta terus menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI,” tandasnya.


Sementara itu, usai mengikuti upacara, PLH Bupati Banggai, Ir. Abudullah Ali, M.Si. melalui siaran pers nya menghimbau agar peringatan hari Sumpah Pemuda dijadikan pelajaran dalam membangkitkan semangat para pemuda, terutama dalam semangat cinta tanah air, persatuan dan kesatuan.

Ia juga mengajak seluruh Pemuda di Kabupaten Banggai untuk berpartisipasi dan konsisten menerapkan protokol kesehatan, yakni penggunaan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, di tengah pandemi covid-19 saat ini.

“Kebiasaan pola hidup bersih dan sehat tersebut harus menjadi gaya hidup. Gunakanlah masker, karena maskermu akan menyelamatkanku dan maskerku akan menyelamatkanmu,” tandasnya.(dewi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *