Pemkab Banggai Kirim 20 Pemuda Program Magang Jepang Ikuti Pelatihan di Makassar

BANGGAI, MPI_Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai mengirim 20 pemuda peserta program magang Jepang ikuti pelatihan pra keberangkatan di Balai Latihan Kerja (BLK) Makassar, Selasa (01/06), yang dilepas langsung oleh Wakil Bupati Banggai, Drs. H. Mustar Labolo, M.Pd.

Program pemagangan ke Jepang ini merupakan program kerja sama Pemkab Banggai melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaker) dengan Direktorat Bina Pemagangan Kemnaker RI dan IM Japan.

Sebelumnya, Pemkab Banggai juga telah mengirimkan peserta seleksi angkatan 1 pada akhir tahun 2019.

Selama di Makassar, para peserta akan mengikuti tahapan selanjutnya berupa eleksi seleksi administrasi dan sejumlah tes lainnya. Diantaranya tes akademik, pemeriksaan fisik, kesamaptaan (ketahanan fisik), kesehatan, wawancara dan tes bahasa jepang.

Para peserta ini menjalani pelatihan pra pemberangkatan ke Jepang selama 3 bulan di BLK Makassar bersama peserta dari daerah lain, yakni 14 peserta dari Sulawesi Selatan dan 6 peserta dari Sulawesi Utara.

Kepada awak media ini, Wakil Bupati Banggai, Mustar Labolo, mengungkapkan sebagai pengirim peserta terbanyak, Pemkab Banggai diberikan kesempatan oleh Direktorat Bina Pemagangan Dirjen Bina Lattas Kemnaker RI untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan pelatihan pra pemberangkatan ke Jepang.

Akan tetapi, dikarenakan Pemkab Banggai belum memiliki fasilitas yang memadai maka pelatihan pra keberangkatan tetap dilaksanakan di BLK Makassar.

“Kedepannya kami terus berusaha melengkapi fasilitas di UPTD LLK Disnaker Banggai agar  pelatihan pelatihan yang skalanya besar seperti ini dapat di laksanakan di Kabupaten Banggai,” tandasnya.(dewi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *