Kapolda Sulteng Himbau Masyarakat Tak Membantu 9 DPO MIT Poso

PALU, MPI_Kapolda Sulawesi Tengah (Sulteng), Irjen Pol. Drs. Abdul Rakhman Baso, S.H. menghimbau kepada seluruh masyarakat Sulteng tak memberikan bantuan kepada 9 DPO Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso.

Hal ini disampaikannya dihadapan sejumlah media di Kota Palu, Rabu (02/06), usai mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi I DPRD Sulteng

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk tidak memberikan bantuan baik itu berupa informasi, anggaran, logistik dan bahan makanan serta ruang atau tempat untuk melindungi DPO MIT Poso,” ungkapnya.

Lebih lanjut Kapolda menegaskan bahwa kekerasan yang terjadi akhir-akhir ini di Kabupaten Poso dan Sigi tidak ada kaitannya dengan masalah agama, melainkan murni tindakan terorisme oleh kelompok MIT Poso.

“Kekerasan di Poso dengan melakukan pembunuhan terhadap masyarakat petani tidak ada kaitannya dengan agama apapun, itu murni tindakan teroris yang selama ini terus dikejar Satgas Madago Raya,” tegasnya.

Ia menambahkan RDP bersama Komisi I DPRD Sulteng yang juga dihadiri Wakil Bupati, Ketua dan anggota DPRD serta tokoh lintas agama Poso menghasilkan empat  kesepakatan.

Yakni Kejahatan yang dilakukan kelompok MIT bukan bagian dari agama manapun dan menjadi musuh bersama;  seluruh elemen masyarakat, termasuk negara, bersinergi menyelesaikan masalah keamananan di Poso; meminimalisir simpatisan kelompok MIT untuk tidak memberikan bantuan baik itu berupa informasi, anggaran, logistik dan bahan makanan serta ruang atau tempat untuk melindungi DPO MIT Poso; dan semua elemen mendukung pelaksanaan Operasi Madago Raya 2021 dalam melakukan pengejaran kelompok MIT Poso.

“Dalam menumpas kelompok teroris MIT Poso dibutuhkan dukungan dari semua elemen, khususnya masyarakat, agar pelaksanaan Operasi Madago Raya 2021 dalam melakukan pengejaran kelompok MIT Poso bisa terlaksana dengan sukses,” tandasnya.(dewi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *