Bupati Mesuji Resmikan Gedung Baru Puskesmas Wiralaga

MESUJI-Berita (MPI) Bupati Mesuji Saply TH meresmikan gedung baru Puskesmas Wiralaga, Selasa (29/06/2021). Turut menghadiri acara tersebut Ketua TP PKK Kabupaten Mesuji Nelly Wati Saply, Sekda Kab. Mesuji Syamsudin, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kab. Mesuji Chosiatun Syamsudin, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Mesuji Yanuar Fitrian, dan Camat Mesuji Taufiq Widodo.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan penyerahan dokumen jamban terapung, pemberian penghargaan balita sehat, pemberian makanan tambahan bagi pasien TBC.

Dalam sambutannya, Bupati Saply mengatakan puskesmas sebagai salah satu jenis fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama memiliki peranan penting dalam sistem kesehatan nasional, khususnya subsistem upaya kesehatan.

“Puskesmas Wiralaga merupakan puskesmas rawat inap dengan akreditasi dasar yang merupakan pengakuan dari lembaga independen penyelenggara akreditasi yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan RI setelah memenuhi standar akreditasi, dengan berpedoman pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat,” terangnya.

Lanjutnya, dengan diresmikannya gedung baru Puskesmas Wiralaga ini dapat meningkatkan aksesibilitas, keterjangkauan, dan pelayanan kesehatan bagi masyarakat serta dapat memfasilitasi penanganan berbagai penyakit dan masalah kesehatan lainnya.

Hal ini menurutnya, merupakan perwujudan pelaksanaan urusan wajib Pemerintah Daerah yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Mesuji di bidang kesehatan sesuai amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015.

“Saya berharap dengan telah diresmikannya gedung baru puskesmas ini dapat memberikan pelayanan yang terbaik dan profesional kepada masyarakat. Kepada masyarakat saya berpesan untuk memanfaatkan dengan baik dan senantiasa bersama-sama menjaga puskesmas ini,” tutup Saply. (Kominfo/TR .wyn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *