Pemkab Banggai Bahas Penyelarasan Renstra Perangkat Daerah Dengan RPJMD Tahun 2021-2026

BANGGAI, MPI_Dalam rangka menyelaraskan Rencana Strategi (Renstra) perangkat daerah dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Banggai tahun 2021-2026, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai menggelar kegiatan pembahasan penyelarasan renstra, Rabu (29/09).

Giat yang berlangsung di ruang rapat Pahangkabotan, kantor Bappeda Litbang Banggai, kawasan perkantoran Bukit Halimun, Kecamatan Tanjung Tuwis, Kabupaten Banggai, dipimpin langsung oleh Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin Tamoreka, didampingi Wakil Bupati Banggai, Drs. H. Furqanuddin Masulili, M.M.

Pada kesempatan ini, sedikitnya ada 6 point penting yang menjadi agenda pembahasan, yakni penyusunan renstra perangkat daerah harus berpedoman pada rancangan RPJMD, renstra perangkat daerah diselaraskan dengan RPJMD, menyelaraskan renstra dengan hal kebijakan Pemkab Banggai, menyelaraskan renstra dengan inikator kinerja, perangkat daerah membuat arsitektur kinerja, dan perangkat daerah, termasuk yang berada di sekteratiat daerah, harus menyusun renstra.

Bupati Banggai mengatakan OPD adalah salah satu unsur penyelenggara pemerintahan daerah. Yang dalam upaya mencapai keberhasilannya, perlu didukung dengan perencanaan yang baik sesuai visi dan misi organisasi yang diselaraskan dengan visi dan misi Pemkab Banggai melalui pendekatan perencanaan strategis.

“Perencanaan strategis merupakan rangkaian dari rencana tindakan dan kegiatan mendasar yang dibuat untuk diimplementasikan oleh organisasi guna mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya,” tuturnya.

Ia menambahkan penerapan, ketentuan dan regulasi RPJMD berada di OPD masing-masing. Sehingga OPD harus bisa memahami dan menjadikan RPJMD patokan utama, dalam melaksanakan setiap kegiatan.

“OPD yang melakukan penyusunan tolong segera di selesaikan dan program harus mengacu RPJMD yang ada. Nanti kita evaluasi setiap minggu untuk melihat program OPD yang selaras dengan Visi-Misi Pemkab Banggai,” tandasnya.

Giat pembahasan penyelarasan renstra perangkat daerah turut dihadiri oleh Sekda Banggai, Ir. Abdullah Ali, M.Si.; seluruh Kepala OPD, Sekdis dan Kasubag Perencanaan; serta para Camat secara virtual.(dewi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *