Rapat Evaluasi PTMT Hasilkan 9 Kesimpulan, Diantaranya Penutupan Sekolah Bila Ada Cluster Baru

BANGGAI, MPI_Berdasarkan surat esaran Bupati Banggai nomor 420/1850/Disdik tertanggal 8 September 2021, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai memberlakukan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) di satuan pendidikan. Pemberlakuan ini dikeluarkan menyusul tingkat penyebaran Covid-19 di Kabupaten Banggai yang turun ke level 3.

Selang beberapa waktu diberlakukan, Pemkab Banggai melalui Satuan Tugas Covid-19 Banggai pun melakukan evaluasi PPTM di satuan pendidikan dengan target memastikan betul bahwa penerapan PTMT tetap mengindahkan protokol kesehatan (prokes) yang menyangkut beberapa aspek.

Rapat evaluasi yang dipimpin langsung oleh Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin Tamoreka, ini berlangsung di ruang rapat khusus kantor Bupati Banggai, kawasan perkantoran Bukit Halimun, Kelurahan Tombang Permai, Kecamatan Luwuk Selatan, Kabupaten Banggai, Rabu (29/09).

Pada rapat evaluasi tersebut dihasilkan sembilan kesimpulan, yakni (1) memastikan proses pembelajaran sesuai prokes/sesuai regulasi aturan pemerintah pusat dan pemerintah kabupaten (sesuai SKB 4 Menteri dan SE Bupati Banggai), (2) vaksinasi bagi guru/tenaga pengajar, (3) pembelajaran 50 persen untuk menghindari kerumunan, (4) Pengaturan masuk dan jam keluar siswa tidak serentak sehingga tidak terjadi kerumunan, (5) memastikan siswa/mahasiswa pulang ke rumah  tetap memakai masker, (6) melakukan testing rapid test antigen baik menyeluruh/sampling terhadap lingkungan sekolah (guru dan siswa), bila ada kluster lakukan tracking dan treatment, (7) pengamanan /penertiban oleh petugas (TNI, POLRI, POL PP, DISHUB) saat pulang sekolah/kampus, (8) sinergitas semua pihak untuk membantu suksesnya pembelajaran agar tidak ada kluster baru, dan (9) bila ditemukan kluster baru maka akan dilakukan evaluasi mendalam baik secara parsial (sekolah yang bersangkutan) maupun konprehensif (menyeluruh) terhadap pembelajaran tatap muka.

“Jika dalam PTMT ini ada yang terpapar Covid-19 maka sekolah tersebut akan ditutup. Serta jika nanti ada kluster baru, maka akan dilakukan evaluasi lebih dalam lagi, baik secara parsial ataupun secara menyeluruh, terhadap gelar PTMT ini,” tandas Bupati Banggai.

Rapat evaluasi PPTM di satuan pendidikan turut dihadiri unsur Forkopimda Banggai, Sekda Banggai, Ketua Satgas Covid-19 Banggai, Kadis Pendidikan, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V Banggai, Kepala Sekolah dan Ketua Komite secara luring.

Serta para Camat, Forkopimcam, UPT Kesehatan kecamatan, Koordinator Pendidikan kecamatan dab Pengawas/Penilik kecamatan secara daring.(dewi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *