Ubi Cilembu Asal Sukabumi Masuk Pasar Ekspor

KAB.SUKABUMI,MPI- Potensi Ubi Cilembu di Kecamatan Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi,Jawa Barat,berkembang sangat pesat.

Menurut Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi,Denis Eriska,saat bersilaturahmi dengan para petani Ubi Jalar Cilembu. Di Kecamatan Bojonggenteng,Jum’at (1/10),menjelaskan.
“Pada intinya silaturahmi kita membahas potensi pengembangan lebih lanjut Ubi Jalar Cilembu ke depan,”ungkapnya.

Dijelaskan lebih lanjut,Salas satu yang dibahas pengembangan penanaman dari semula 17 hektare,dikembangkan menjadi 30 hektare dan di fokuskan di kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi.

“Pengembangannya melibatkan petani milenial dengan sistem bapak angkat,termasuk dukungan permodalan KUR(Kredit Usaha Rakyat) dari perbankan,”ujarnya.

Saat ini,ubi jalar yang dikembangkan penanamannya di Kecamatan Bojonggenteng,sudah masuk pasar ekspor.”Sudah ekspor ubi mentahnya,sedangkan pengembangan selanjutnya bagai mana mengolah menjadi ubi matang yang tinggal dipanaskan dan disantap,”ungkapnya.

Tidak cukup sampai disitu,dalam pertemuan tersebut dibahas,pengembangan produk turunan berupa olahan bihun berbahan dasar tepung ubi. Pihaknya berharap,para petani di kecamatan Bojonggenteng bisa terus eksis dalam penanaman Ubi Jalar Cilembu dan mampu mencapai target pengembangan di lahan 30 hektare yang direncanakan.
“Kami berharap dapat lebih banyak melibatkan petani lokal,terutama generasi milenial. Sehingga kesejahteraan mereka meningkat dan regenerasi petani dapat berjalan dengan baik,”pungkasnya.
Reporter : Sopandi
Editor : Hamdanil Asykar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *