DESA CIMANGGU KECAMATAN PUSPAHIANG TASIKMALAYA TERUS MEMBANGUN BERSAMA MASYARAKAT

Tasikmalaya,mediapatriot.co.id/2021/10/05— Dalam meningkatkan kelancaran akses masyarakat untuk menunjang perekonomian di Desa Cimanggu Kecamatan Puspahiang Kabupaten Tasikmalaya,Pemerintah Desa (Pemdes) Cimanggu dibawah kepemimpinan Kades termuda sekecamatan Puspahiang Mail,didampingi Sekdes yang juga masih sangat muda Ipin Aripin, terus menggeliat menggenjot pembangunan infrastruktur diberbagai bidang.


Berbagai pembangunan yang dibiayai oleh program Dana Desa (DD) maupun Bankeu Tahun 2021, pemberdayaan nya yang selalu mengutamakan masyarakat desa tersebut melakukan berbagai hal,diantaranya:
Pengasapalan Jalan Desa jalur Pasirkotok-Handeuar Dusun Mekarjaya sepanjang 500 m x 2,5 m dengan anggaran Dana Desa (DD) sebesar Rp.129.272.180,-
Pembangunan Dam Parit yang sangat dinanti para petani di Dusun Cibubuay dengan Anggaran Rp.170.000.000,-
Yang paling membuat warga bergembira adalah membangun rabat halaman Kantor Desa yang begitu luas,sehingga masyarakat merasa nyaman kalau ada keperluan ke desa,dibangun dari anggaran Bankeu tahun ini.
Juga keliatan GOR dipinggir kantor Desa yang begitu megah,juga TPT halaman kantor Desa yang menambah suasana Desa kelihatan indah,bersih,nyaman dan asri.
Kegiatan pekerjaan ini dikerjakan dengan cara tepat aturan yaitu dikerjakan oleh Kasi Kesra dibantu Tim Pengelola Kegiatan Barang dan Jasa (TPK BJ) dan masyarakat, baik tingkat RT maupun RW, sehingga pekerjaannya sangat bermanfaat untuk masyarakat.
Pengaspalan jalan yang saat ini dilakukan bertujuan agar nantinya akan berfungsi diantaranya untuk mempermudah akses jalan warga dalam distribusi hasil pertanian, memperlancar aktivitas warga sekitar dan warga antar desa. Setelah akses jalannya membaik, maka aktivitas wargapun menjadi lancar,sebab akses jalan menjadi faktor penting dalam distribusi hasil pertanian dan sangat menjadi urat nadi perekonomian masyarakat di Desa Cimanggu.
Menurut Kepala Desa pula pembangunan insfratruktur desa memang saat ini belum maksimal, lantaran keterbatasan anggaran. Oleh karenannya, pembangunan dilakukan secara bertahap.
Karna segala aktivitas masyarakat dalam sektor ekonomi itu tentu membutuhkan pembangunan infrastruktur yang memadai. Salah satunya yakni akses jalan.
Keberadaan jalan desa dan jalan lingkungan yang layak tentu akan berdampak pada kelancaran transportasi dan perekonomian khususnya warga desa Cimanggu dan masyarakat pada umumnya.
“Memang kami tidak salah memilih sosok Kepala Desa,kami sangat mendukung dia” kata salah seorang warga yang bernama Yayu saat berjumpa dengan kami mediapatriot.co.id.
Rizal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *