PANJI PERMANA,SH. KADES KARANGMUKTI KECAMATAN SALAWU,MEMANIFESTASIKAN “DESA MEMBANGUN”

Tasikmalaya,mediapatriot.co.id.2021/10/05—-Kantor Desa Karangmukti Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya berada di pinggir jalan Provinsi jalur Tasikmalaya menuju kota Bandung,kelihatan sangat megah dan tertata rapi.

Ketika mediapatriot.co.id menyambangi desa tersebut,disambut dengan sangat ramah oleh Kepala Desanya Panji Permana,SH. yang ternyata dia juga baru selesai menjabat sebagai Ketua APDESI Kabupaten Tasikmalaya dua periode.

Dia sempat memaparkan dengan sangat lugas ketika diajak bicara :
” Ada perubahan besar pada semangat pembangunan desa saat ini. Terutama sejak disahkannya UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa. UU ini menempatkan desa sebagai subyek pelaku pembangunan. Kini warga desa melalui struktur yang ada memiliki wewenang penuh menjalankan pembangunan desanya. Modalnya tidak main-main, selain asset dan potensi yang ada di desa juga ditambah dana desa yang jumlahnya tidak main-main. Paradigma ini disebut sebagai ‘Desa Membangun’” kata Panji Permana,SH.

Memang pembangunan infrastruktur adalah salah satu bentuk fisik kemajuan sebuah desa. Pembangunan infrastruktur akan berdampak pada berkembangnya sebuah desa.

Adanya pembangunan insfrastruktur desa seperti jalan desa akan berdampak pada majunya perekonomian desa. Jalan merupakan salah satu faktor penting dalam peningkatan perekonomian desa.

Distribusi barang dan jasa akan lebih efektif dan efisien dengan pembangunan jalan yang baik. Sehingga dengan adanya pembangunan infrastruktur jalan akses masyarakat untuk mendapatkan barang dan jasa yang tidak ada di desanya akan lebih mudah dan lancar. Desa akan berkembang dengan baik dan kesejahteraan masyarakat pun meningkat.

Desa Karangmukti Kecamatan Salawu pada saat ini sedang giat-giatnya melaksanakan pembangunan infrastruktur yaitu Jalan lingkungan dan TPT Jalan Desa sepanjang 140 m x tinggi 4 m dan lebar 0,40 m dengan anggaran sebesar Rp.173.000.000,- yang bersumber dari anggaran Dana Desa tahun 2021.

Disamping pembangunan tersebut,Panji Permana,SH juga akan membangun rumah-rumah warga yang sudah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 8 unit rumah.

Warga Desa Karangmukti menyambut bahagia dengan pembangunan infrastruktur tersebut. Ketika mengetahui jalan desanya akan dibangun warga menyambutnya dengan sukacita.

Secara gotong – royong warga melakukan kerja bakti, membersihkan jalan yang akan dibangun. Warga sudah tidak lagi menunggu perintah untuk membersihkan jalan di depan rumah mereka masing – masing, karena warga desa Karangmukti sadar pentingnya pembangunan jalan di desa mereka,karena kalau akses jalan baik akan dapat
mempersingkat waktu tempuh ke tempat dimana warga beraktivitas seperti pasar, sekolah, kantor desa, kantor kecamatan, dan tujuan lainnya.

Selain itu, dengan adanya pembangunan jalan di ini akan memperlancar aktivitas perdagangan, aktivitas jualbeli kebutuhan pokok warga desa akan lebih efisien dan tepat waktu, sehingga aktivitas berdampak pada peningkatan pendapatan warga desa.

Kegiatan warga yang mayoritas berpencaharian sebagai petani, akan memudahkan untuk menjual hasil tani warga kepasar maupun ke pengepul dan tengkulak.

Dan distribusi kebutuhan tani warga seperti pupuk, pestisida dan benih serta peralatan bertani jadi lebih efisien dan efektif.
Meningkatnya aktivitas warga ini adalah salah satu tujuan pembangunan infrastruktur jalan sehingga dapat meningkatkan pendapatan desa serta pendapatan warga desa.
Dengan demikian kesejahteraan warga desa juga meningkat.

Salah seorang tokoh masyarakat yang bernama Olih mengatakan dengan sangat antusias : “Pokonya Pak Panji meskipun banyak yang menginginkan untuk maju di ketiga periodenya,saya takkan setuju, saya akan dorong dia supaya jadi Ketua DPRD,supaya lebih mantap mengayomi lebih banyak masyarakat!!!”.katanya,sehingga diaminkan oleh yang lainnya.

Rizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *