Syamsuarni Tamoreka Dikukuhkan Sebagai Bunda PAUD Kabupaten Banggai

PALU, MPI_Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), H. Rusdy Mastura, melantik dan mengambil sumpah Dr. Hj. Vera Rompas Mastura, S.Sos, M.Si. sebagai Bunda PAUD tingkat Provinsi Sulteng periode 2021-2024, dan dr. Verna Gladies Merry Inkriwang sebagai Bunda PAUD Kabupaten Poso, Kamis (07/10), di rumah jabatan Gubernur Sulteng, jalan Moh. Yamin, Kecamatan Palu Timur, Kota Palu.

Pelantikan dan pengambilan sumpah ini berdasarkan SK Gubernur Sulteng nomor 421.1/246.3/Disdikbud-G.ST/2021, dan nomor 421.1/343/Dis.Dikbud-G.ST/2021, yang ditandai dengan pemasangan pin dan selendang.

Dalam sambutannya, Gubernur Sulteng menyampaikan selamat dan sukses atas pengukuhan Bunda PAUD serta pelantikan kelompok kerja (pokja).

Bunda PAUD se-Sulawesi Tengah

Menurut gubernur, pembinaan dan pendidikan terhadap anak usia dini memerlukan pendidikan  yang halus dan tidak kasar guna menciptakan generasi muda yang terbaik.

Gubernur juga meminta agar Bunda PAUD berperan aktif dalam upaya peningkatan gizi dan pola makan agar kasus stunting dapat ditangani terutama di daerah yang terdampak.

“Sulteng menjadi maju, sejahtera, kaya raya tak hanya didukung oleh hasil sumber daya alam saja yang beraneka ragam, namun juga oleh sumber daya manusia. Meningkatkan SDM salah satunya dimulai dari edukasi dini. Untuk itu, peran aktif Bunda PAUD sangatlah dibutuhkan dalam meningkatkan SDM generasi penerus. Dengan niat yang baik dan ikhlas maka keberhasilan akan tercapai,” tandasnya.

Usai dilantik, Bunda PAUD Sulteng melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah terhadap Ir. Hj. Syamsuarni Tamoreka, S.E., M.M. dikukuhkan dan diambil sumpahnya sebagai Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Banggai masa bakti 2021-2024.

Dalam sambutannya, Bunda PAUD Sulteng, Hj. Vera Rompas Mastura, menyampaikan selamat bertugas kepada pengurus Pokja dan Bunda PAUD kabupaten yang baru dilantik dan mempunyai peranan yang sangat strategis.

“Harapan saya para Bunda PAUD segera membentuk Pokja Bunda PAUD kabupaten,” ucapnya.

Ia juga berharap Bunda PAUD Kabupaten/Kota mampu menggerakkan semua komponen dan sumber daya yang ada diwilayahnya masing-masing dalam memberikan pelayanan PAUD yang berkualitas.

“Bunda PAUD adalah profesi sukarela dan bekerja ikhlas. Namun, saya berharap para Bunda PAUD Kabupaten/Kota sebagai motor penggerak diwilayahnya masing-masing mampu mendorong semua komponen di masyarakat dan meningkatkan kerjasama dengan instansi terkait dalam menyiapkan layanan PAUD yang berkualitas. Banyak mitra kita seperti Posyandu, TP PKK, Pos Paud, Himpaudi, IGTKI, Gop TKI Igra, Dinas Kesehatan, Dikjar, BKKBN, Kemenag dan organisasi sosial keagamaan,” tandasnya.

Pada kesempatan ini, Selain Bunda PAUD Banggai, juga dilakukan pengukuhan dan pengambilan sumpah sejumlah Bunda PAUD lainnya, diantaranya Ir. Waode Safia Sofyan, M.Si. sebagai Bunda PAUD Kabupaten Banggai Laut (Balut);  Febriyanthi H. Dj. Delis, S,Si.Apt. sebagai Bunda PAUD Kabupaten Morowali Utara (Morut); Azizah Irwan Lapata sebagai Bunda PAUD Kabupaten Sigi, dan Femmy Luther Lahay, SKM. sebagai Bunda PAUD Kabupaten Tojo Una-una (Touna).

Kegiatan ini turut dihadiri Dirjen PAUD, Dikdas dan Dikmen Kemendikbud Ristek RI serta pengurus inti Pokja.(dewi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *