Program Biopori PEMPROV JABAR, SEKDA” PEMKAB Sukabumi Sambut Baik”

SUKABUMI,MPI- Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman menerima jajaran Dinas Sumberdaya Air Propinsi Jawa Barat untuk membahas Proyek Biopori. Pertemuan dilakukan di Pendopo Sukabumi, Kamis (21/10).

Kasi Sumber daya Air Provinsi Jabar, Hj. Ara. Ps, menyampaikan bahwa Gubenur Jabar meluncurlan program membangun sumber resapan air untuk penanganan banjir sekaligus untuk kesiapan air bersih.

” karena itu kami menyosialisasikan ke Pemkab Sukabumi dan responya baik bahkan sudah menyiapkan letak untuk bioporinya, nanti ada program selanjutnya salah satunya program Embung Juara,” terangnya.

Menurutnya ada 100 embung di wilayah Propinsi Jawa Barat yang diprogramkan oleh Gubenur, karena itu Pemkab Sukabumi bisa mengaksesnya, embung bisa dimanfaatkan untuk mengairi sawah.

Sekda berharap pelaksanaan program tersebut bisa berjalan dengan baik mulai ke serapan biopori, embung sehingga tatakelola air semakin baik kedepannya.

” Yang dimaksud dengan biopori adalah pori-pori yang ada di dalam tanah dan dibentuk secara alami, dengan aktivitas makhluk hidup di dalamnya. Makhluk hidup tersebut di antaranya cacing, rayap, akar tanaman serta mikroorganisme lainnya.
Biopori termasuk salah satu teknologi penyerapan air,” terangnya.

Kedepan, lanjut Sekda, apa yang dijadikan program oleh Pemerintah Propinsi Jawa Barat bisa terealisasi dengan baik dan mendorong kesejahteraan warga masyarakat.

Reporter : Sopandi
Editor : Hamdanil Asykar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *