Optimalkan Implementasi OSS RBA DPMPTSP Gelar RAKOR

SUKABUMI,MPI- Pemerintah senantiasa mewujudkan iklim berusaha yang kondusif diantaranya dengan meningkatkan kenyamanan pelayanan pengurusan perizinan melalui reformasi sistem perizinan usaha dengan prinsif mudah, murah, akuntabel dan cepat.

Untuk merealisasikan kemudahan Perizinan berusaha itu, diluncurkanlah sistem OSS Berbasis Risiko untuk mendorong gairah masyarakat untuk berusaha serta mendongkrak investasi.

Pelayanan izin beusaha berbasis OSS RBA juga telah dilaksanakan Pemkab Sukabumi melalui DPMPTSP serta didukung oleh perangkat daerah terkait khususnya yang memiliki hak akses dalam proses perizinan tersebut.

Untuk memastikan prosesnya terlaksana dengan baik, DPMPTSP menyelengarakan Rapat Koordinasi Teknis tingkat Kabupaten Sukabumi dengan tema ” percepatan implementasi OSS RBA di Kabupaten Sukabumi” di Hotel Santika, Rabu (1/12/2021).

Menurut Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri penerapan perizinan berbasis Risiko memerlukan perubahan Paradigmatik yaitu:
Perubahan dan penyesuaian tata kerja ayanan Perizinan Berusaha, hal ini disampaikannya saat membuka rakor teknis tingkat Kabupaten Sukabumi 2021.

“Tentu banyak persoalan yang harus dipecahkan dalam Rakor ini, selain itu dibutuhkan kesepahaman dan komitmen lintas sektor selaku penyelenggara layanan perizInan berusaha berbasis OSS RBA supaya menumbuhkan kepercayaan serta kepuasan publik,” jelasnya .

Wabup juga menegaskan bahwa digitalisasi perizinan berdasarkan analisis risiko bertujuan meningkatkan ekosistem investasi dan menjaga kualitas perizinan berusaha, karwna itu perangkat daerah yang memiliki hak akses harus memberikan pelayanan izin usaha dengan responsive, cepat, mudah dan terintegrasi.

Sebelumnya Kepala DPMPTSP, Zainul.S menyampaikan bahwa Pemerintah senantiasa mewujudkan iklim berusaha yang Kondusif dengan meningkatkan kemudahan pelayanan perizinan melalui sistem digitalisasi.

” Perubahan sistem karena kemajuan teknologi adalah keniscayaan, kita semua harus beradaptasi, karena itu kita hrus bersama sama mengimplementasikan OSS RBA untuk mendukung agenda bangsa yakni pemuljhan ekonomi nasional terutama pasca pandemi Covid- 19.

Karena itu, lanjut Kadis DPMPTSP, Rakor ini sangat penting dan strsegis karena akan membahas upaya bersama mengimplementasikan OSS RBA secara efektif dan memberikan hasil terbaik.

Peserta yang mengikuti Rakor ini adalah 60 orang dari Perangkat daerah yakni Kepala Dinas dan verifikator.

Reporter : Sopandi
Editor : Hamdanil Asykar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *