WABUP Minta Pengurus DPC APEKI Terus Populerkan Brand Kopi Sukabumi

SUKABUMI,MPI-Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri menghadiri Pelantikan 30 pengurus DPC Asosiasi Petani Kopi Indonesia ( APEKI ) Sukabumi oleh DPD APEKI Jawa Barat. Prosesi pelantikan dan penyerahan SK kepengurusan itu dilaksanakan di Coffe Photo Sukabumi. Kamis (16/12/2021).

Menurut Ketua Panitia, Usep Sutendi, dilantiknya pengurus APEKI Sukabumi merupakan titik awal untuk memajukan Kopi di Sukabumi supaya bisa bersaing dengan daerah daerah lain yang ada di Jawa Barat Khususnya dan Indonesia pada umumnya.

” Kopi Sukabumi sudah dikenal oleh para pecinta Kopi dan brand kopi Sukabumi tidak kalah dengan daerah lainnya, apabila diberdayakan dengan baik, kesejahteraan para petani kopi akan meningkat” terangnya.

Ketua DPD APEKI Jawa Barat, Kurnia, menyebutkan APEKI sudah menyediakan instruktur kopi untuk memperkenalkan kopi Sukabumi kepada kaum milenial, kopi ini banyak menyerap tenaga kerja sehingga kualitasnya harus dipertahankan.

Wakil Bupati mengatakan Pemerintah Kabupaten Sukabumi mengapresiasi APEKI yang telah mendorong penguatan usaha, selain itu diharapkan DPC APEKI berfungsi sebagai wadah silaturahmi, komunikasi dan tukar informasi sehingga komoditas kopi Sukabumi semakin populer dan diminati.

“Kabupaten Sukabumi memiliki 1.086 hektar kebun kopi yang tersebar di Kecamatan Gegerbitung, Sukaraja , Kadudampit, Kabandungan , ditambah dengan tiga kecamatan penyangga yaitu Cireunghas, Cisolok dan Purabaya. Kopi Sukabumi telah memiliki Brand produk di antaranya Bumi Kopi di Kecamatan Sukaraja, Bongas Kopi di Kecamatan Gegerbitung, Absolute Kopi di Kecamatan Kabandungan, Mekar Kopi di Kecamatan Kadudampit, serta Gunung Karamat Kopi di Kecamatan Cisolok,” ungkapnya.

Wabup berharap setelah dilantik, DPC APEKI Sukabumi segera melakukan langkah langkah kolaborasi dengan stekholder terkait untuk meingkatkan kesejahteraan Petani di Kopi di Sukabumi.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati H. Iyos Somantri menerima Cindra Mata yang diserahkan Ketua DPD APEKI Jabar Kurnia SH.

Reporter : Sopandi
Editor : Hamdanil Asykar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *