Baksos Donor Darah, 23 Kantung Darah Terkumpulkan di Hari Pertama

BANGGAI, MPI_Menjelang peringatan Hari Infanteri ke 73, 19 Desember 2021, menggandeng GM FKPPI 20-04 dan PMI Banggai, Kodim 1308/Luwuk Banggai menggelar bakti sosial (baksos) donor darah, Sabtu-Minggu, 18-19 Desember 2021.
Baksos donor darah yang dirangkaikan dengan peringatan Hari Juang Kartika TNI AD ke 76, 15 Desember 2021, ini dibuka untuk umum dan dipusatkan di lapangan Makodim 1308/LB, jalan Samratulangi, Kelurahan Bungin, Kabupaten Banggai.
Dandim 1308/LB Letkol Inf Dony Gredinand, S.H., M.Tr.Han., M.I.POL. kepada awak media ini mengatakan bakti sosial yang digelar merupakan wujud kepedulian TNI AD kepada masyarakat yang membutuhkan darah.
Selain itu, baksos donor darah ini bertujuan untuk membantu kesediaan stok darah PMI Banggai dalam situasi Pandemi Covid-19 saat ini.

Dandim 1308/LB Letkol Inf Dony Gredinand, S.H., M.Tr.Han., M.I.POL berfoto bersama tim PMI Banggai usai melakukan donor darah.

Kepada para pendonor Dandim menyampaikan apresiasinya atas kesediaannya menyumbangkan darahnya dan menyukseskan baksos yang digelar.
“Terima kasih tak terhingga kami sampaikan kepada para pendonor yang telah sukarela dan ikhlas menyumbangkan darahnya untuk membantu sesama dan menyukseskan baksos yang kami gelar. Setetes darah yang disumbangkan sangat berarti bagi keselamatan jiwa sesama kita yang membutuhkan,” lanjutnya.
Sementara itu, kepada tim PMI Banggai tak lupa Dandim menyampaikan terima kasih atas pelayananannya dalam melaksanakan tugas dengan penuh kesungguhan dan rasa tanggungjawab yang tinggi meskipun di hari libur kantor.
“Terima kasih banyak atas peran aktif tim PMI Banggai yang tetap melaksanakan tugas dengan penuh kesungguhan dan rasa tanggungjawab yang tinggi meskipun di hari libur kantor,” tandasnya.
Ditemui secara terpisah, Pencari Pelestari Donor Darah Sukarela (P2D2S) PMI Banggai Nani Nurcahyani mengatakan di hari pertama ada 31 pendonor yang mendaftar. Namun, hanya 23 pendonor yang bisa menyumbangkan darahnya.
“Ada 31 pendonor yang mendaftar namun hanya 23 pendonor yang bisa mendonorkan darahnya. 8 pendonor di tunda karena tidak memenuhi syarat di antaranya ada yang minum obat, serta tensi tinggi dan rendah,” ungkap Nani.
Ditambahkan dari 23 kantong darah yang terkumpul terdiri dari golongan darah A sebanyak 6 kantung, golongan darah B 5 kantung, golongan darah 0 11 kantung dan golongan darah AB 1 kantung.
“23 kantung darah yang terkumpul terdiri dari 6 kantung golongan darah A, 5 kantung golongan darah B, 11 kantung golongan darah O dan 1 kantung golongan darah AB,” tandasnya.(dewi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *