Pemkab Banggai Gelar Pameran Koleksi Museum Daerah Dan Objek Pemajuan Kebudayaan (Berita MPI)

BANGGAI, MPI_pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai melalui Dinas Pendidikan menggelar pameran koleksi Museum Daerah dan objek pemajuan kebudayaan di halaman Museum Daerah Banggai, Kamis (12/11).

Pameran yang dibuka secara resmi oleh PLH Bupati Banggai diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Drs. H. Alfian Djibran, ini diikuti oleh lembaga Pendidikan Formal dan Non Formal se-Kabupaten Banggai.
Pada kesempatan ini, Alfian menuturkan bahwa berdasarkan UU pemajuan kebudayaan, tindakan yang dilakukan terhadap objek pemajuan kebudayaan antara lain inventarisasi, pengamanan, pemeliharaan, dan penyelamatan.
Lebih lanjut dikatakan setiap warga negara dapat berperan aktif dalam pemajuan kebudayaan. Hal ini ditopang dalam 10 objek pemajuan kebudayaan, yakni Tradisi lisan, Manuskrip, Adat Istiadat, Permainan Tradisional, Teknologi Tradisional, seni, Bahasa, dan Ritus.
“Tentu saja untuk meningkatkan serta melestarikan kebudayaan yang ada di daerah ini, menghargai adat istiadat serta budaya, harus memerlukan komitmen moral dari segenap elemen masyarakat, utamanya bagi mereka yang mengklaim dirinya sebagai anak negeri,” ungkapnya.
Tak hanya itu, Alfian juga mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Banggai untuk tetap menjaga dan melestarikan, serta mempertahankan budaya serta adat istiadat yang dimiliki sebagai jati diri dalam bingkai masyarakat Kabupaten Banggai.
Pameran ini turut dihadiri Kadis Pendidikan, Hj. Nurdjalal; Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan, Yusriani A. Jangoh, S.S., M.M.; Kabag Prokopim, Ferry Raffles Ledder; Kasubag Prokopim bersama staf, serta perwakilan Guru baik dari pendidikan formal dan non formal.(dewi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *