Tips Memilih Mobil Keluarga yang Nyaman

Mobil keluarga yang nyaman adalah idaman semua orang yang hendak bepergian bersama keluarga. Banyak varian mobil keluarga yang laris manis di pasaran, contohnya mobil-mobil keluaran Daihatsu. Pabrikan mobil dari Jepang ini selain harganya cukup bersaing, juga menawarkan kredit mobil Daihatsu di platform Blibli.
Apabila Anda tertarik ingin membeli mobil keluarga, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan akad kredit. Supaya tidak bingung, yuk simak bersama tips memilih mobil keluarga yang nyaman berikut ini.

  1. Perhatikan Harga dan Tujuan Pembelian Mobil
    Sebelum memutuskan membeli mobil, hitung dulu kemampuan finansial Anda. Misalnya, Anda memiliki gaji Rp 20 juta per bulan, dan sanggup menyisihkan Rp 5 juta per bulan untuk membayar cicilan mobil. Maka, Anda bisa memilih mobil yang harganya maksimal 200 juta apabila ingin cicilan mobil Anda bisa lunas dalam tempo tiga tahunan.
    Kemudian tentukan jenis mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda. Lalu, bagaimana caranya menentukan jenis mobil yang sesuai? Pertama-tama, hitung jumlah anggota keluarga Anda. Pastikan mobil yang akan dibeli bisa menampung seluruh keluarga saat bepergian bersama.
    Kesampingkan gengsi, tak perlu membeli mobil yang mahal. Yang paling penting adalah mobil tersebut muat untuk seluruh keluarga dan Anda sanggup membayar cicilan bulanannya. Oleh karena itu menetapkan tujuan pembelian mobil menjadi salah satu langkah jitu untuk menghalau keraguan dalam membeli mobil.
  2. Memiliki Kapasitas Kabin yang Memadai
    Biasanya struktur tempat duduk mobil keluarga meliputi dua bangku depan, satu kursi luas di bagian tengah, dan juga dua bangku di bagian belakang. Nah, pastikan struktur mobil tersebut, terutama bagian kabin cukup luas bagi seluruh keluarga.
    Anda juga harus memperhatikan kapasitas bagasi, terutama saat bepergian jauh. Pastikan bagasi yang tersedia bisa memuat segala perlengkapan yang dibutuhkan. Terlebih saat bepergian dengan balita. Biasanya dibutuhkan ekstra tempat untuk membawa perlengkapan kereta bayi.
    Hindari membawa perlengkapan di atas mobil. Selain berbahaya, meningkatkan resiko kecelakaan akibat tersangkut dahan pohon ataupun kabel listrik.
  3. Bahan Bakar Irit dan Ramah Lingkungan
    Silakan Anda cari informasi selengkap-lengkapnya terlebih dahulu mengenai mobil idaman yang akan dibeli. Contohnya, berapa jarak tempuh mobil atas 1 liter bahan bakar.
    Dengan mengetahui informasi ini, maka Anda bisa mengetahui berapa pengeluaran sebulan untuk membeli bahan bakar dengan jarak tempuh tertentu. Semakin hemat bahan bakar, maka akan semakin sedikit pula dana yang harus Anda keluarkan untuk membeli bahan bakar alias tidak bikin kantong jebol.
    Pastikan juga bahan bakar yang digunakan ramah lingkungan sehingga Anda bisa turut menjaga kelestarian lingkungan bagi anak cucu kelak.
  4. Sistem Keamanan yang Mumpuni
    Setelah mengetahui kemampuan membayar cicilan mobil, kapasitas mobil, dan juga jenis bahan bakar, hal selanjutnya yang menjadi pertimbangan dalam memiliki mobil keluarga adalah sistem keamanan yang diberikan. Termasuk di dalamnya seat belt atau sabuk pengaman di setiap kursi penumpang, kemudian airbag apabila terjadi benturan, hingga kunci otomatis untuk mencegah pintu terbuka sendiri.
    Pastikan juga mobil Anda memiliki rem yang pakem, terutama saat terjadi pengereman mendadak. Kemudian perhatikan juga sistem suspensi untuk kenyamanan perjalanan serta Air Conditioner yang selalu dalam keadaan bersih untuk menjaga kesehatan seluruh keluarga.
  5. Servis dan Suku Cadangnya Terjangkau
    Satu hal yang harus dipahami terkait mobil adalah adanya biaya perawatan mobil setiap bulannya. Oleh karena itu pastikan biaya servisnya terjangkau dan suku cadangnya terjangkau. Contohnya mobil keluaran Daihatsu yang bisa Anda beli di Blibli.
    Pabrikan mobil ini menyediakan servis berkala untuk mobil Anda supaya mobil tidak cepat rusak. Suku cadangnya pun tersebar luas di Indonesia dan harganya cukup terjangkau. Anda juga bisa menanyakan kepada pihak dealer tempat penjualan spare part terdekat.
  6. Fitur Hiburan Bagi Seluruh Keluarga
    Apabila Anda berniat jalan-jalan bersama seluruh keluarga, maka ada baiknya Anda juga memperhatikan fasilitas hiburan di dalam mobil. Perjalanan yang jauh akan sangat membosankan apabila tidak ada fitur hiburan yang bisa dinikmati.
    Anda bisa menyematkan fitur radio dan audio, atau bahkan TV bagi seluruh keluarga. TV di dalam mobil tidak hanya berfungsi untuk menonton film, Anda juga bisa mengisinya dengan beberapa permainan atau games supaya perjalanan semakin seru bagi anak-anak.
  7. Harga Jual Mobil
    Saat membeli sebuah mobil, Anda juga harus memikirkan harga jualnya di kemudian hari. Jangan sampai mobil yang dibeli memiliki harga jual yang jatuh jika dibandingkan pada waktu membelinya. Daihatsu sebagai salah satu pabrikan mobil terkemuka di Indonesia pastinya bisa menjadi pilihan dalam kepemilikan mobil keluarga. Anda bahkan bisa membeli mobil tanpa beban yang berlebihan dengan menggunakan kredit mobil Daihatsu.
    Pada satu titik kadang timbul rasa bosan karena menggunakan mobil yang sama bertahun-tahun, oleh karena itu muncul keinginan untuk membeli mobil baru dengan cara menjual mobil lama terlebih dahulu. Oleh karenanya, pastikan mobil yang Anda beli memang banyak peminatnya di pasaran serta memiliki harga jual yang stabil. Anda bisa konsultasi kepada dealer mobil untuk mengetahui mobil apa saja yang sekiranya cocok dengan kriteria Anda di atas.

Itu dia beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli mobil keluarga. Semoga bermanfaat bagi Anda sekeluarga. Selamat membeli mobil idaman!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *