Assessment Program Smart City, Wabup Banggai Presentasekan Banggai Menuju Smart City

BANGGAI, MPI_Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar Penilaian (Assessment) dalam Rangka Program Gerakan Menuju Smart City, Kamis (04/11), secara virtual, yang diikuti oleh Pemerintah Kota/Kabupaten di Indonesia.
Penilaian ini dilakukan untuk mengukur kesiapan dan memilih  kota/kabupaten yang akan mendapatkan pendampingan penyusunan masterplan kota cerdas (smart city).
Pada kesempatan ini, mewakili Bupati Banggai, Wakil Bupati Banggai, Drs. H. Furqanuddin Masulili, M.M. didampingi Kepala Bappeda dan Litbang, Kadis Kominfo dan Kepala BKPSDM Banggai, memaparkan presentase Banggai Menuju Smart City.

Dalam presentasenya, Wabup Banggai menyampaikan bahwa pmerintah daerah perlu mendapatkan dorongan dalam mewujudkan smart city didaerahnya masing-masing.
Lebih lanjut dikatakan, visi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai yakni Terwujudnya Banggai Maju, Mandiri dan Sejahtera Berbasis Kearifan Lokal, yang diimplementasikan dalam enam misi.

Ia menuturkan, misi Pemkab Banggai yang terintegrasi ke dalam Smart City terdapat pada misi kedua, ketiga dan keenam.
Yakni menciptakan kemandirian ekonomi yang produktif dan berdaya saing melalui pemanfaatan tekonologi; mempercepat pertumbuhan dan pemerataan infrastruktur serta penanggulangan bencana; dan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan dan akuntabel.

Diuraikan, untuk infrastruktur, saat ini Kabupaten Banggai memiliki interkoneksi Fiber Optik 1,5 KM di 17 OPD, interkoneksi radio di 16 OPD dan 8 Kecamatan serta wifi public di lokasi 6 titik.
Tak hanya itu, di Kabupaten Banggai juga terdapat sarana public CCTV di 9 titik lokasi umum dan khusus, 146 titik CCTV di beberapa Taman dan RTH, serta dua buah Videotron di area lingkaran Tugu Adipura serta Taman Anti Narkoba.
Selain memaparkan tentang infrastruktur, dalam kesempatan ini Wabup Banggai juga memaparkan potensi daerah, pengelolaan keuangan daerah serta SDM di pemerintahan.
Pemaparan presentase Banggai Menuju Smart City yang dipusatkan di ruang rapat khusus kantor Bupati Banggai, kawasan perkantoran Bukit Halimun, Kelurahan Tombang Permai, Kecamatan Luwuk Selatan, Kabupaten Banggai turut dihadiri Staf Khusus Bupati Banggai, perwakilan BPKAD, serta para Kabid lingkup Diskominfo Banggai.(dewi)
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *