Wabup Banggai Serahkan Bantuan Hibah 50 Ekor Sapi Bali di Kecamatan Kintom

BANGGAI, MPI_Wakil Bupati Banggai, Drs. H. Furqanuddin Masulili, M.M. menyerahkan bantuan hibah 50 ekor Sapi Bali dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai kepada lima Kelompok Ternak di Kecamatan Kintom, Kabupaten Banggai, Jumat (26/11).
Yakni kelompok ternak Sinar Mondonun, Kelol Mondonun, Janggu Mendono, Mosaangu Mendono dan Potuan Jaya Manyula, dengan masing-masing kelompok ternak menerima 10 ekor sapi Bali.
Penyerahan bantuan hibah sapi Bali ini berlangsung di Lahan peternakan Kelompok Ternak Desa Mendono, Kecamatan Kintom, yang disaksikan oleh Kadis Peternakan, Ir. Ferlin Monggesang; Kabag Prokopim, Ferry R. Ledder, dan Camat Kintom.
Pada kesempatan ini, Kadis Peternakan Banggai, Ir. Ferlin Monggesang, menegaskan bahwa pihaknya akan terus memantau perkembangan bantuan sapi yang diberikan kepada para kelompok ternak.
“Ada PPL kami yang akan terus melakukan pemantauan atas perkembangan bantuan yang diberikan. Karena bantuan ini diharapkan setiap tahunnya bisa menunjukkan hasil yang maksimal. Dari satu jadi dua saat dievaluasi,” tegasnya.
Penerima bantuan, lanjutnya, memiliki perjanjian atau Pakta Integritas yang intinya menegaskan bahwa bantuan yang diberikan tidak untuk diperjualbelikan.
“Bantuan ini untuk dikembangbiakkan, bukan untuk diperjualbelikan. Ada Pakta Integritas terkait itu. Dan jangan lupa agar sapi betina diasuransikan, hanya Rp40 ribu untuk setiap tahunnya. Agar ternak tersebut mendapat jaminan. Apabila terjadi kecelakaan atau dicuri dan mati saat beranak bisa diklaim hingga sebesar Rp10 juta,” tandasnya.
Sementara itu, ditempat yang sama, Camat Kintom mengungkapkan apresiasinya atas bantuan hibah 50 ekor sapi Bali yang diserahkan kepada lima kelompok ternak di Kecamatan Kintom.
“Mewakili kelompok ternak, saya menyampaikan apresiasi atas bantuan hibah 50 ekor sapi yang diberikan oleh Pemkab Banggai kepada lima kelompok ternak yang ada di Kecamatan Kintom,” ungkapnya.
Lebih lanjut dikatakan lahan peternakan Desa Mendono memiliki luas 7 hektare dan juga lokasi pakan berupa rumput gajah seluas 2 hektare.
“Alhamdulillah, sebagian besar kelompok ternak di Kecamatan Kintom telah memiliki kandang sendiri, dan juga memiliki pakan yang ditanam dimasing-masing pekarangan. Insya Allah sapi-sapi ini tidak akan berkeliaran,” tandasnya.(dewi)
 
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *